Cara Install Ulang Samsung Galaxy Young


Selamat pagi pembaca setia...

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk Flashing / Install Ulang ponsel android, khususnya pada samsung galaxy young. Saya terinspirasi untuk menulis saat saya sendiri kebingungan melihat ponsel saya yang bootlap akibat menginstall Custom ROM.

Berikut langkah-langkah installasi :

Siapkan peralatan :
 
Udah download semua kelengkapan diatas? oke kita mulai flashing sekarang..
    1. Extract dulu Firmware yang udah di download, di dalamnya terdapat 4 File berformat TAR
    2. Extract juga file Odin , di dalamnya terdapat aplikasi odin dan file totoro.pit
    3. Matikan Samsung Galaxy Young anda
    4. Masuk ke Download mode (caranya tekan tombol power + home + volume down secara bersamaan sampai logo Y menyala) 
    5. Jika sudah, tekan volume up, sekarang sudah di download mode
    6. Sekarang Hubungkan Samsung Galaxy Y ke Laptop/PC menggunakan kabel USB
    7. Jalankan Aplikasi ODIN
    8. Pastikan ponsel anda sudah ke detect oleh odin, dan dikotak pesan pertama ada tulisan added dan ID:COM sudah terblok warna kuning.
    9.  kemudian klik tombol PIT dan masukkan file pit nya galaxy young : totoro_0623.pit
    10. masukkan file firmwarenya, urutannya adalah sebagai berikut :
       
      Bootloader : DefaultCalDataWithBoot_s5360XXXX_REVO5.tar.md5
      PDA : PDA_S5360XXXX_REVO5.tar.md5
      Phone : Modem_S5360XXXX_REVO5.tar.md5
      CSC : GT-S5360-multi-csc-OXXXX.tar.md5
    11. setelah semua selesai kemudian klik tombol start
    12. tunggu sampai selesai dan jika sudah selesai akan ada tanda tulisan PASS
    13. Close ODIN, dan cabut galaxy young nya dari konektor USB
Installasi sukses! Nah, begitulah langkah-langkah untuk flashing android samsung galaxy young.

131 Responses to "Cara Install Ulang Samsung Galaxy Young"

  1. Ga bisa masuk ke recovery mode .. harus gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah untuk flash ulang lagi, pastikan mengikuti semua langkah dengan benar :)

      Hapus
    2. Gan kok tulisanya bukan PASS. Tp msh set partition gmn?

      Hapus
  2. apa gunanya frimware yang khusu indonesia kan ga masuk ke odin juga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu tergantung selera, mau pake firmware luar, maupun lokal :)

      Hapus
  3. gan batre nokia yg cocok buat samsung galaxy young apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah, emang ga puas pake batre bawaan samsungnya? -_-

      Hapus
  4. aku gak bisa buka firmware nya,,gmn tuh caranya

    BalasHapus
  5. HP saya eror gan...kondisi nya suka panas kalo lagi di cas..kalo habis di cas suka ngecas sendiri,,hp nya panas,,trs batreynya langsung abis,,
    kendalanya apa itu gan,,mohon saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya juga bukan teknisi samsung, cobalah untuk install ulang, jika masalah masih terjadi, cobalah untuk pergi ke service center, makasih :)

      Hapus
    2. hp sobat mengalami short/korslet sebagian

      Hapus
  6. 1. Extract dulu Firmware yang udah di
    download, di dalamnya terdapat 4 File
    berformat TAR
    Yg di ekstrak tuh di pc atau di androidnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di PC gan , kan installnya via odin, Ekstrak filenya, kemudian akan ada onepackage firmware berekstensi namafile.TAR.MD5 , nah, file ini bisa dipecah lagi, baca caranya disini : http://www.fazlan-xp.com/2013/03/cara-split-atau-memecah-file-firmware.html

      Hapus
  7. udh di extrack tapi ko cuma ada 1 file...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu download firmware yang indonesia?
      pake yang luar aja, udah di update tuh filenya :)

      Hapus
  8. bener kata dedewh,,,cuma ada 1 file

    BalasHapus
  9. saya meng extrack nya di computer

    BalasHapus
  10. kok kalo saya mau flashing kok gak ke deteck ya ?? gmana gan ? butuh pencerahannya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh install samsung USB Driver belom?
      kalo udah cooba restart, atau coba colok ke komputer lain
      USB nya wajib yang asli dari beli ya

      Hapus
  11. gan tulisan odinnya kok galaxy pop plus ?

    BalasHapus
  12. gan berlaku untuk yg cdma gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya hape lu Galaxy young broh, :D

      Hapus
  13. gan minta penjelasan untuk memperbesar kapasitas ram dong.

    thanks.(",)

    BalasHapus
  14. Gan flashing.a lama gak koq qu lama banget sih.
    sampe kapan qu harus menunggu.
    kira" berapa jam gan ??
    (takut salah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga lama kok, sekitar 5 menit udeh selesai, pastikan mengikuti semua langkah dengan benar :)

      Hapus
  15. gan Flashing.a gg jalan berhenti pas BCMBOOT.IMG

    BalasHapus
  16. Udah saya tungguin sampe 2 jam tolong Gan.
    Soal.a baru beli ini.

    Nangis dah ane.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, baru beli kok di flash, buat apa :3

      Hapus
  17. gan knapa di odinnya ga ke ditect...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ~Pastikan samsung USB Driver udah di install
      ~Gunakan Kabel USB Asli dari samsung (usb bawaan saat membeli)
      ~Cobalah untuk restart komputer, kemudian coba connectkan lagi

      Hapus
  18. THANKS GAN uda berhasil
    LANJUTKAN!

    BalasHapus
  19. gan kok setelah diflash restart terus ya gan gak ke menu tapiu malah restar terus

    BalasHapus
  20. gan bootloadernya mana ya gan

    BalasHapus
  21. Perhatikan point 9, semuanya ada dlm firmware yg ane upload

    BalasHapus
  22. gan PIT ny tuh udah yg default?

    BalasHapus
  23. gan npa samsung q gx bsa ngoneksi market,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane bukan teknisi samsung kali -__-
      tanya aje ke SSC samsung :3

      Hapus
  24. npa firmware yg dari indonesia gx bsa?
    tlong penjelasanny gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan salah ane, ini salah dari samsungnya, dia ngeupload di server yang salah :D
      ane aje pake yg luar

      Hapus
  25. tutornya kurang lengkap gan

    BalasHapus
  26. gmna cara cara detect ke oidinnya?

    BalasHapus
  27. kalau tidak bisa terdeteksi odin bagai mana gan triims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ~Pastikan samsung USB Driver udah di install
      ~Gunakan Kabel USB Asli dari samsung (usb bawaan saat membeli)
      ~Cobalah untuk restart komputer, kemudian coba connectkan lagi

      Hapus
  28. Samsung USB Driver nya gk bsa d install .. kenapa ya?

    BalasHapus
  29. tetep aja kgk konek ke odinya malah galaxy pop plus . :(

    BalasHapus
  30. Bila diinstal ulang program bawaan yg terhapus akan kembali nggak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program bawaan pasti ada, sama persis seperti baru beli.
      yang hilang adalah aplikasi yang anda unduh sendiri dari play store :)

      Hapus
  31. Kak,. Pas saya mau masukin file totoro_0623.pit sama firmwarenya, kok ga ada sih di PC saya, terus itu gimana? Minta saran'y!!! Thanks,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah download?
      kalo udah tinggal browse ke tempat anda nyimpan saat download

      Hapus
    2. Udah,.
      Tapi pas klik tombol PIT kan masukin, trs dicari ga ada pdhal udh disimpan difile download,

      Hapus
    3. di Extract dulu PIT nya Mas

      Hapus
  32. gann berhsilll... setelah berhari2 :D
    makasih ya ggaann :))

    BalasHapus
  33. Bisa untuk Samsung Galaxy S Verizon SCH-1500 ga gan???

    BalasHapus
  34. gan kok file bootloadernya kok gk ada setelah ane split, cuman ada pda,modem,csc,(file winrar) sama file hasil downloadnya, tar.md5... itu knapa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ente donwload firmware yang khusus indonesia yak?
      Coba dowload firmware yang luar gan, ada juga link downloadnya diatas :)

      Hapus
  35. matursuwun gan................

    BalasHapus
  36. setelah saya flash spt diatas bahasa indonesianya hilang gan,mohon pencerahaanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak ada bahasa indonesianya, karena ente download firmware bukan yang indonesia, kan diatas sudah ada dua link download firmware..
      mohon lebih teliti

      Hapus
    2. tapi diatas cuma ada satu link ko download firmware nya

      Hapus
    3. Maap, link firmware khusus indonesianya udah ane hapus, soalnya servernya ga memungkinkan buat download.
      lagian itu paket tar AIO, ntar kalian bingung lg gimana ekstraknya.

      Hapus
  37. nanya lagi gan, kalo odinnya GT-S5570I Galaxy Pop Plus, masalah gak?

    BalasHapus
  38. thanks gan
    hape ane akhirnya sembuh dan terbangun dari komanya sekitar 60 menit yang lalu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeeee!!

      Kalo bikin acara selamatan, undang ane ya :D

      Hapus
  39. dapetin bootloaderny dr mn

    BalasHapus
  40. gan,, saya butuh pencerahan.. saya masih kirang paham dengan smwa ini,, apakah peelatan2 untuk flash itu kita instal dan atau buka di pc atau andridnya gan?? saya masih kurang paham gan.. tolong dibantu dong??

    BalasHapus
  41. firmware Resmi khusus Indonesia ini di taruh dimana ya gan?

    BalasHapus
  42. Gan kalo ngeodinnya lewat NB bisa kaga?

    BalasHapus
  43. untuk yang tidak ke detect di odin padahal sudah instal USB drive.. coba cabut baterai dan masuk download mode lagi...

    BalasHapus
  44. makasih banyak ya bang andre....
    saya berhasil ngikutin tutorial abang...
    sekarang hp saya bener lagi deh...

    BalasHapus
  45. hp ane udah 1 minggu mati nyari sana sini ko tetep odinnya gak ke detec gmna nih gan ane pusing,,

    BalasHapus
  46. makasih gan tutornye....
    oprasi sapu bersih 1 agustus 2013 pukul 22:39 surabaya SUKSESSSSS!!!!!!

    BalasHapus
  47. thanks gan
    SUKSES :D
    THANKS BANGET BRO :D

    BalasHapus
  48. gan,ane udh coba samsung ane,pake recovery mode(power+volume up+home) gk bisa,trus masuk ke layar home juga gak bisa,itu cuma ada tulisan samsung galaxi young aja di layarnya,n kalo dimatiin gk bisa pake tombol power,harus cbut batrai,,apa itu bisa di flashing juga gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, flash ulang aja..
      kemungkinan sih tombolnya yang rusak, ane juga pernah bgitu..
      kalo mmg rusak, bwa ke service center aja

      Hapus
  49. gan hp saya galaxy wonder
    minta firmware yang buat wonder dong

    BalasHapus
  50. sIALLL gak bisa nyoba trik ini!! Hape ane udah di tukang service T.T #Nangis

    BalasHapus
  51. aku ga bisa terus , ak pny 2 odin juga firmware udh semuanya dicoba ga bisa , ga penah ada tlisan "PASS" , trus klo buka firmware yg lain oding g bisa soalnya format file firmwarenya gk sesuai ama odin yg dipake (lupa apa formatnya

    BalasHapus
  52. bang hape ane enggaa ke detec di odinnya masa ituh kenapa yah? udah diisntal restar komputer dan colok ke pc lain tapi tetep aja engga ke detec di odin -_- ituh kenapa yah mas?
    mohon pencerahannya mas :)) BALAS

    BalasHapus
  53. omm,, kalo di flashing kayak ginni, kondisi root massih iddup ggag,,??
    terrus gimanna ama aplikasiext buat perbesar memori internal yang kagag bissa dihapuss, bakal kehapus ggag,,,??

    balles ya omm, penting,,!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya kehapus, sama kaya pas pertama kali beli, akses root juga kehapus

      Hapus
  54. makasih gan
    ane sukses cuma 5 menit
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang maksimal waktu buat flashing skitar 5 menit, selebihnya bootlap :)
      selamat ya :)

      Hapus
  55. thanks gan dalam hitungan menit langsung finishing
    this is EASY"

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan cara install samsung usb driver gimana?

      Hapus
  56. pengen jelas tentang samsung galaxy young
    kasian admin nya kalo di tanya yg rumit2

    gabung grup fb aja


    di oprek galaxy young (O>G>Y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :)
      selama pertanyaan masih bisa dijawab, akan saya jawab :)

      Hapus
  57. lupa paswordnya mas, gimana caranya?
    balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas, kok link odin sama pit nya ga berlaku ya?

      Hapus
    2. Nurma : Install ulang aja, otomatis reset semua kok

      Hapus
  58. mas, knp link utk download odin dan pitnya ga bisa?
    mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  59. gan ini kenapa hh saya lebih dari 30 mnit gak berubah ya?

    Added!!
    Odin v.3 engine (ID:4)..
    File analysis..
    SetupConnection..
    Initialzation..
    Get PIT for mapping..
    Firmware update start..
    BcmBoot.img

    terus kayak gitu...

    mau tanya, pas di program ODIN, apa hh disertakan juga SIM card dan SD CARD? atau dilepas semua? Batre di pasang juga kan? karena ada bbrapa HH, saat flash stock rom gak pake batre...

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai cara ku aja ga ribet gan
      http://refykuya.blogspot.com/2013/07/cara-instal-ulang-samsung-galaxy-y-s5360.html

      Hapus
  60. bg ada link baru nya ndak buat downloan firmware nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://refykuya.blogspot.com/2013/07/cara-instal-ulang-samsung-galaxy-y-s5360.html

      Hapus
  61. mas cara nambah bahsa indonesia gimana kok nggak ada bahasa indonesianya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan firmware indonesia bos, jd mmg gaada bhasa indonesia.

      Hapus
  62. kok setup conectionnya lama sih?

    BalasHapus
  63. mas, kalo PIT sma bootloadernya dikosongkan gmana ?
    soalnya diblog lain suruh dikosongkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya diisi, tapi boleh dicoba juga dikosongkan.

      Hapus
  64. Gan kok pass di ODin Mode yg ke detect gimana tuh?

    BalasHapus
  65. Gan, ne hp ane usbny faield, ane udh instal usb driver dr samsungnya jg tetep ndk bs e. T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu USB asli bawaan pas beli bukan? kalo bajakan, biasanya ga kedetect, pastikan udah allow USB debbuging juga.

      Hapus
  66. yang gak ngerti cara benerin nya, yg mau root, atau yg mau benerin hp nya, yg mau agar hp nya nyala lgi...
    bisa sms ke nomer ane..083873401596
    ane berada di tangerang..

    BalasHapus
  67. Kenapa galaxy y saya gak ke detect sama odinnya yg salah sambungan usbnya apa android saya ?

    BalasHapus
  68. makasih banyak gan.....

    BalasHapus
  69. gan tapi kok gak ada play storenya???

    BalasHapus
  70. Kenapa galaxy y saya gak ke detect sama odinnya yg salah sambungan usbnya apa android saya ?

    BalasHapus
  71. Bagaimana kalau yg muncul tulisan FAIL! bukan PASS!. semua versi odin dan firmware udah dicoba gak ngaruh.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar jika artikel ini memberikan manfaat :)
Komentar dengan menyertakan link hidup akan otomatis terhapus!